Ikuti kami

Genjot Ekspor, Mendag Luncurkan Platform Dagang Digital IDNStore

Nasional

Genjot Ekspor, Mendag Luncurkan Platform Dagang Digital IDNStore

MERDEKABICARA.COM | JAKARTA – Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi meluncurkan platform dagang digital Indonesia Store (IDNStore) secara virtual di Jakarta, Kamis (14 Jan).

Peluncuran IDNStore ditujukan untuk mendorong penetrasi produk Indonesia, khususnya produk UKM ke pasar Tiongkok, termasuk Hong Kong dan Taiwan.

Mendag menyampaikan bahwa sudah saatnya seluruh UKM Indonesia yang berorientasi ekspor mengoptimalkan pemanfaatan platform digital. Mendag berharap, peluncuran platform IDNstore ini dapat membawa semangat bagi produk Indonesia untuk go global.

Sementara, Dirjen PEN menyebutkan bahwa sejak dioperasikan pada November 2020, lebih dari seribu pelaku usaha telah bergabung dan menghasilkan transaksi ekspor perdana UKM. Hal tersebut sekaligus menginisiasi terwujudnya investasi dari Taiwan untuk penanaman buah pisang dan buah naga di Sulawesi Selatan dengan tujuan ekspor ke pasar Tiongkok, Jepang, Arab Saudi, dan Persatuan Emirat Arab.

IDNStore merupakan platform dagang digital dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Platform ini mempromosikan produk pertanian, hasil laut, produk otomotif, makanan dan minuman, pakaian, produk kesehatan dan kecantikan, produk kerajinan, serta dekorasi rumah.

Selain mengoptimalkan upaya penetrasi pasar ke kawasan Tiongkok dan sekitarnya, platform ini juga berperan sebagai inkubator sekaligus pijakan (benchmark) bagi UKM Indonesia untuk menyasar pasar-pasar ekspor di kawasan lain.

Turut hadir secara virtual Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun; Konsul Jenderal RI Hong Kong merangkap Macao, Ricky Suhendar; Konsul Jenderal RI Shanghai, Deny W. Kurnia; Konsul Jenderal RI Guangzhou, Gustanto; dan Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Budi Santoso.

Komentar

Lainnya dalam Nasional

To Top