Ikuti kami

Situs Meriam dan Bangunan Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam Tidak Terurus

Sosmas

Situs Meriam dan Bangunan Peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam Tidak Terurus

MERDEKABICARA.COM | ACEH BARAT – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Tim Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) meninjau situs bersejarah yakni meriam dan bangunan peninggalan Kerajaan Aceh Darussalam yang berlokasi di Gampong Drien Rampak Kecamatan Arongan Lambalek, Sabtu kemarin.

Kabid Kebudayaan Aceh Barat, Cut Nila Vaulina, SE menyampaikan, kedatangan pihaknya ke lokasi untuk memastikan pemberitaan di salah satu TV Swasta Nasional yang memberitakan situs bersejarah yang terbengkalai yakni 3 buah meriam dan sisa puing bangunan peninggalan kerajaan Aceh Darussalam di massa Sultan Iskandar Muda.

Cut Nila juga mengatakan, setelah melakukan peninjauan langsung di lapangan tim berkesimpulan bahwa situs sejarah tersebut harus dijaga dan dilestarikan karena peninggalan sejarah yang sangat bernilai harganya.

“Disparbudpora Aceh Barat berkomitmen menjaga benda-benda situs bersejarah ini agar tidak rusak, kami ingin benda-benda ini agar terpelihara” imbuhnya.

Berhubung pihaknya belum bertemu langsung dengan pihak keluarga pewaris situs bersejarah tersebut, maka pihaknya tidak bisa memberikan kesimpulan terkait rencana kedepannya  penanganan situs bersejarah tersebut, terangnya.

“Semoga akan ada kesepakatan bersama antara pihak Pemkab Aceh Barat dengan keluarga sehingga ada solusi terkait penanganan situs meriam kesultanan Iskanda Muda ini” pungkas Cut Nila.

Tim Disparbudpora Aceh Barat yang turun ke lokasi diantaranya Sekretaris Disparbudpora Aceh Barat Musliyanmeizar Erwin, SE dan Kabid Kebudayaan Cut Nila Vaulina, SE didampingi Kapolsek Arongan Lambalek  IPTU Alpon LR dan didampingi salah seorang Tokoh Masyarakat Gampong setempat. {}

Komentar

Lainnya dalam Sosmas

To Top