Ikuti kami

Peningkatan Kemandirian Pengeloaan Keuangan Dibahas Dalam Bursa Inovasi Desa di Paya Bakong

Sosmas

Peningkatan Kemandirian Pengeloaan Keuangan Dibahas Dalam Bursa Inovasi Desa di Paya Bakong

MERDEKABICARA.COM | ACEH UTARA – PID Kecamatan Paya Bakong menggelar Bursa Inovasi Desa, yang di ikuti oleh para Keuchik, Tuha Peut dan tokoh perempuan yang berada di 39 desa Kecamatan Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara, acara itu digelar di Balai Desa kecamatan setempat Kamis (29/8).

Diadakannya kegiatan itu guna untuk menciptakan kemandirian dalam pengelolaan dana desa dan pembangunan Gampong.

Camat Paya Bakong T. Arahman Ansyari, BA, melalui Kasi PMD, Zulkifli S.Sos, selaku Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa, menyebutkan, dalam kegiatan ini membahas terkait pematangan dan kemandirian dalam pengelolaan dan pemantapan keuangan juga pembangunan di tingkat gampong.

“Yang di bahas dalam kegiatan ini terkait bagaimana kinerja daerah lain yang teleh sukses dalam pengelolaanya dana desa, maka untuk itu metode tersebut akan kita anjurkan untuk dapat adopsi oleh semua gampong di Kecamatan Paya Bakong sesuai anggaran yang di miliki”, ujarnya.

Zulkifli menjelaskan, kita merencanakan apa yang telah kita sampaikan hari ini, akan kita masukkan dalam rancangan penggunaan dana Gampong pada tahun 2020.

Di Kecamatan Paya Bakong ada lima Desa yang telah sukses dalam mengerjakan beberapa program desanya, bahkan ada produk yang di hasilkan dalam program itu telah di pasarkan di pasar-pasar daerah yang ada di Aceh” katanya.

Diantaranya Debuk Kunyit di Gampong Alue Bieng, pengolahan Jernang di Gampong Tanjong Beureunyoeng, pengolahan pengawetan Pinang di Gampong Geureughek, Kerajinan Rotan di Gampong Tunoeng Krueng, serta Kredit Usaha Masyarakat (BUMG) Gampong Keude Paya Bakong.

Zulkarnaini, Ketua Program Inovasi Desa (PID) Kecamatan Paya Bakong  yang juga di dampingi oleh Ray Natur Helmy, pendamping desa menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengobtimalkan pegelolaan serta penggunaan dana desa, guna meningkatkan sumberdaya manusia di gampong-gampong, yang tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Memang saat ini tidak ada kendala dalam pengelolaan dana desa di Kecamatan Paya Bakong, namun bursa inovasi desa ini merupakan pertukaran ide atau metode supaya terciptanya pembangunan dan keuangan Gampong yang mandiri untuk menuju ke arah yang lebih baik” paparnya Ketua Forum Keuchik  Paya Bakong, Junaidi, saat diwawancara media ini.

Sementara itu, Ketua Forum Keuchik Paya Bakong, Junaidi, saat diwawancara media ini mengatakan, menyambut baik dengan adanya Program Inovasi Desa di Kecamatan Paya Bakong, dirinya berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat terjadinya meningkatan produksivitas inovasi, apa lagi saat ini di Paya Bakong sudah ada produk-produk yang dapat kita andalkan.

“Dengan terciptanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan inovasi guna terciptanya berbagai kegiatan unggulan yang tunjuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat dan pembangunan yang lebih bermartabat” terang Junaidi. (HS).

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Sosmas

To Top