Home / Gaya Hidup / Garin Nugroho Akan Garap Film Budaya Gayo
H.Usman Nuzuly,SH.MH, akan membiayai pembuatan film budaya Gayo yang berjudul Koipi Hitam Untuk Ipak

Garin Nugroho Akan Garap Film Budaya Gayo

TAKENGON–MERDEKABICARA.COM| Garin Nugroho, sutradara   kawakan  nasional, akan membuat film yang bertemakan tentang budaya Gayo. Film berjudul “ Kopi Hitam Untuk Ipak” akan dimulai pembuatannya  pada awal Maret 2017. Hal tersebut dikatakan oleh H. Usman Nuzuly, SH.MH, Sabtu , 28/01/2017.

Menurut Usman Nuzuly, film ini berlatar belakang budaya  Gayo dan kerarifan lokal.” Temanya budaya Gayo. Dibuat untuk mengingatkan kembali bahwa Budaya Gayo itu adalah budaya yang besar dan mampu memperkokoh peradaban masyarakat Gayo. Sementara bagi generasi muda, film ini diharapkan mampu memberi kesadaran baru, bahwa budaya hebat lahir dari bangsa yang besar, “ kata H Usman Nuzuly.

Menurut Calon bupati kabupaten Aceh Tengah ini, seluruh pemeran dalam  film ini adalah putra – putri Tanah Gayo, karena “ hampir semua anak anak kita mememiliki bakat seni. Hal ini dapat kita lihat dari kemampuan mareka dalam bermain didong atau pun syeh didong”, sebut Usman Nuzuly.

Didong adalah seni budaya gerak Tubuh yang dinamis, kompak dan cepat. Sedangkan syeh didong adalah mareka yang mampu mengeluarkan seni tutur dengan indah dengan makna makna filosofi tentang Tuhan,manusia  dan alam.

Sementara  untuk crew film dan peralatanya shotingnya, akan didatangkan dari Jakarta.” Mareka yang terlibat adalah para profesional dibidang masing masing. Bisa jadi warga lokal dapat dilibatkan jika memiliki kompetensi dibidangkan,” kata Usman Nuzuly.

“ Kepada Garin Nugroho saya sampaikan, film “ Kopi Hitam Untuk Ipak”  harus mampu menembus pasar internasional. Target kita adalah masuk dalam Cannes festival”, harap Usman Nuzuly. Cannes festival adalah festival film tahunan yang di selenggarakn di Paris, Prancis.

PENULIS               : NASIER

EDITOR                 : EMNA

Komentar

Baca juga

Wanita Muda Ini Rintis Usaha Yang Didominasi Kaum Pria

BIREUEN | MERDEKABICARA.COM — Namanya Anisah, berumur 31 tahun, dinilai wanita sukses sukses di Kabupaten …