Home / Nasional / Jokowi: Subsidi BBM, Elpiji 3 kg dan Listrik Hanya untuk Orang Miskin

Jokowi: Subsidi BBM, Elpiji 3 kg dan Listrik Hanya untuk Orang Miskin

JAKARTA – MERDEKABICARA.COM | Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para menteri ekonomi dalam rapat kabinet terbatas untuk membahas subsidi energi, yakni meliputi Bahan Bakar Minyak (BBM), elpiji 3 kg dan listrik. Jokowi menginginkan subsidi yang diberikan tepat tertuju untuk orang yang miskin.

“Saya ingin menekankan agar subsidi energi yang dimaksudkan untuk masyarakat yang tidak mampu harus tepat sasaran artinya memang benar-benar untuk masyarakat yang tidak mampu,” kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017, subsidi yang disalurkan untuk BBM dan Elpiji 3 kg mencapai Rp 32,3 triliun dan listrik sebesar Rp 45 triliun. Anggarannya sudah lebih rendah dibandingkan dua tahun lalu, akan tetapi masih perlu perbaikan untuk ketepatan sasaran.

“Selama ini misalnya penerima subsidi listrik 900 volt ampere (VA) ternyata tidak betul diterima oleh rumah tangga yang tidak mampu. Sehingga secara bertahap Kita harus melakukan penajaman sasaran kembali sehingga betul-betul subsidi listrik ini tepat sasaran, dan diterima oleh memang masyarakat yang tidak mampu yang membutuhkan,” paparnya.

Hal yang serupa juga terjadi pada Elpiji 3 kg. Lebih dari 65% masyarakat yang menerima subsidi tersebut adalah orang dengan kategori mampu atau menengah ke atas.

“Lebih dari 65% subsidi energi dalam bentuk elpiji 3 kg juga dinikmati oleh rumah tangga-rumah tangga yang sebetulnya tidak layak untuk menerima,” tegas Jokowi.

Jokowi meminta adanya integrasi antara subsidi energi dengan program sosial seperti Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). “Ini supaya lebih terarah lebih tepat sasaran dan diterima oleh rakyat yang miskin, usaha kecil, mikro yang memang berhak menerima subsidi,” tukasnya.

SUMBER : DETIK
EDITOR : RIZA M

Komentar

Baca juga

Milad GAM Ke 41 Kuta Pase Dipusatkan DI Islamic Centre

Lhokseumawe – MERDEKABICARA.COM  –  Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Kuta Pase akan peringati Milad GAM …