Ikuti kami

PIM Gelar Coastal Clean Up, Kumpulkan 5 Ribu Kg Sampah di Pantai Seroja

Lingkungan

PIM Gelar Coastal Clean Up, Kumpulkan 5 Ribu Kg Sampah di Pantai Seroja

MERDEKABICARA.COM | ACEH UTARA – Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang jatuh pada 5 Juni 2022, lalu, Ditjen PPKL-KLHK bersama Pupuk Indonesia Group yang diwakili oleh PT Pupuk Iskandar Muda melakukan kegiatan Indonesia
Coastal Clean Up, di pantai Seroja, Pusong Blang Naleung Mameh, Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, Sabtu, (10/6/2023).

Pada kegiatan tersebut, sampah Organik yang terkumpul mencapai 5.300 Kg, sampah Anorganik sebanyak 16 kg, dan Residu 4.5 kg.

Kegiatan Indonesia Coastal Clean Up ini melibatkan DLHK Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara, Muspika Dewantara dan Muara Satu, Komunitas Lingkungan hidup, Instansi Sekolah Tingakat SMA kota lhoseumawe & Aceh Utara, Duta Widata kota,Cut Bang Cut Kak, dan Duta Wisata.

Zulfakri, mewakili Manajemen PT Pupuk Iskandar Muda, didampingi Zulhadi, mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk menyelamatkan pesisir pantai dari bahaya pencemaran sampah.

“Sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam upaya menanggulangi sampah laut. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 mengusung tema “Beat Plastic Pollution”. Tema tersebut dalam bahasa Indonesia berarti “mengalahkan polusi plastik”, sebut Zulfakri.

pada saat ini polusi plastik dalam kondisi yang memprihatinkan. Sebagian besar pencemar yang bermuara di laut merupakan sampah plastik. Ujar zulfakri

“Plastik tidak pernah luput dari aktivitas manusia sehari-hari. Hampir seluruh kegiatan manusia menggunakan plastik. PIM berusaha melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan secara bertahap dan memberikan manfaat yang luas, khususnya kepada masyarakat.”

Kegiatan pembersihan pantai
diharapkan dapat memperbaiki kualitas lingkungan dan sekaligus dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. Indonesia Coastal Clean Up merupakan rangkaian kegiatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilakukan hari ini serentak di 130 lokasi di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

“Kami mengajak masyarakat luas dari seluruh kalangan dan komunitas lokal hingga
siswa siswi sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian pantai dan pesisir. PT
PIM terus mendorong upaya penanggulangan sampah plastik di laut sebagai wujud konkret
terhadap implementasi Sustainable Development Goals,” ujar Zulfakri.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, Program Coastal Clean up diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, selain itu juga mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang telah tersedia di sekitar dan dapat dijadikan sumber mata pencaharian. {}

Komentar

Lainnya dalam Lingkungan

To Top