Ikuti kami

Kadis Perindag Aceh: Komoditi Tembakau Hijau Gayo Berkualitas

Sosmas

Kadis Perindag Aceh: Komoditi Tembakau Hijau Gayo Berkualitas

MERDEKABICARA.COM | ACEH TENGAH – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, Ir. Mohd. Tanwir melakukan kunjungan ke Dataran Tinggi Gayo Aceh Tengah, Senin kemarin.

Tanwir juga bertemu dengan para pengusaha dan pengrajin rokok di kawasan wisata Pantan Terong.

Menurutnya, rokok yang diproduksi  oleh anak-anak muda di Gayo ini spesifik dan hanya ada disini, karena dibuat dari tembakau hijau hasil produksi petani di Dataran Gayo ini. Tidak seperti tembakau olahan lainnya yang berwarna hitam atau coklat, tembakau Gayo ini dengan sistem pengolahan khusus, tetap bertahan dengan warna hijaunya.

Tanwir menerangkan, cara membuat rokok tembakau hijau ini berbeda dengan rokok lainnya, dan ini bisa jadi tren dimasa-masa yang akan datang.

“Dari dulu, sebenarnya Gayo ini potensial untuk pengembangan komoditi tembakau, tapi baru sekarang ada kreativitas anak-anak muda disini untuk mengolahnya menjadi rokok tembakau hijau, cuma ada disini dan saya yakin prospeknya kedepan cukup baik, karena rokok ini berbeda dengan rokok biasa dan orang jadi penasaran untuk mencobanya, ini prospek ekonomi yang sangat bagus untuk Gayo” ungkap Baong.

“Ini peluang bagus, tembakau Gayo ternyata bisa dibuat menjadi cerutu  berkualitas baik, ini peluang ekonomi bagi masyarakat disini, kami akan berupaya memfasilitasi pemasaran produk ini” pungkas Baong.

Dalam kunjungannya selaku Kadis Perindag Aceh juga mengunjungi Pasar Paya Ilang untuk meninjau beberapa proyek pembangunan pasar yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) tahun 2020 ini. {}

Komentar

Lainnya dalam Sosmas

To Top