Ikuti kami

Dua Pesona Wisata Bener Meriah Masuk Nominasi API 2020

Pariwisata

Dua Pesona Wisata Bener Meriah Masuk Nominasi API 2020

MERDEKABICARA.COM | BENER MERIAH – Kabupaten Bener Meriah berhasil masuk sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) kategori Ekowisata dan Situs Sejarah.

Kepastian masuknya dua nominasi, Damaran Baru Ecovillage dan Tugu Radio Rimba Raya dari negeri Musara Pakat ini tertuang dalam surat tertanggal 1 Juli 2020 yang di kirim oleh panitia penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2020, berikut daftar Nominasi API 2020.

Berdasarkan Surat yang ditujukan kepada para kepala dinas Parawisata Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah Irmansyah.S.STP. Rabu kemarin.

Bupati Bener meriah menyambut gembira masuknya Damaran Ecovillage dan Tugu Radio Rimba Raya dalam kompetisi sektor parawisata tersebut.

“Ini merupakan kesempatan yang baik untuk  promosi wisata Bener meriah ke dunia luar dengan adanya penyelenggaraan API 2020 ini memberikan peluang bagi kita untuk lebih mengexplore lagi potensi wisata yang ada di kabupaten Bener meriah ini”ujar Sarkawi.

 

Sarkawi menilai masuknya Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya ke dalam nominasi API 2020 kategori situs sejarah merupakan keputusan yang tepat karena jasa besar radio tersebut dalam perjuangan kemerdekaan republik Indonesia pada masa revolusi fisik kurun waktu 1948-1949.

“Kita ketahui ditengah kevakuman pemerintahan pada masa itu, Soekarno-Hatta ditawan, Yogyakarta dikuasai, angkasa Indonesia sepi informasi, tanpa komunikasi,  tanpa pemberitaan , tidak ada pemberitaan yang membela keberadaan Indonesia, Belanda menyebut Indonesia sudah tumbang. Muncul perlawanan yang menggelegar dari dataran tinggi Gayo (Bener meriah) ini membantah propaganda Belanda dan mengumumkan kepada dunia bahwa Indonesia masih ada dan tetap eksis melalui siaran Radio Rimba Raya”terang Sarkawi.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa satu-satunya radio yang dimiliki Indonesia yang bisa ekspansi sampai ke luar negeri hanyalah Radio Rimba Raya.

“Siaran Radio Rimba Raya ini bisa ditangkap jelas sejumlah radio di semenanjung Melayu bahkan Australia dan Eropa serta Dewan Keamanan PBB”tutur Abuya.

“Jadi menurut saya Radio Rimba Raya ini berperan besar terhadap kelangsungan pemerintahan Indonesia, radio ini yang mewujudkan kemerdekan kita melalui konferensi meja bundar di Denhaag, Belanda”sebutnya.

“Pemilihan Damaran Baru Ecovillage dan Tugu Radio Rimba Raya ke dalam nominasi API 2020 sudah sangat tepat, karena nilai-nilai sejarah perjuangan dan budaya yang diwariskan kepada kita sebagai generasi penerus bangsa”tegas Abuya.

“Disadari atau tidak momen sejarah kemerdekaan Indonesia sangat besar disumbangkan oleh Radio Rimba Raya, dan letaknya ada di kabupaten Bener meriah”sebutnya.

Namun, Sarkawi mengingatkan masuknya Damaran Baru Ecovillage dan Tugu Radio Rimba Raya ke dalam nominasi bukan berarti perjuangan sudah selesai.

“Masih ada dua tahapan lagi yang harus dilalui untuk menjadi juara API 2020 yaitu periode pemungutan suara (voting) yang akan dilaksanakan 01 Agustus 2020 sampai dengan 31 Desember 2020 dan promosi serta sosialisasi yang dilaksanakan periode Juli sampai dengan Desember 2020″jelasnya.

Sarkawi mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat Bener meriah agar kedua nominasi tersebut menjadi juara.

“Mohon doa dan dukungan agar keduanya bisa meraih juara pada saat diumumkan pada Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 yang akan diselenggarakan bulan Pebruari tahun 2021 mendatang di kota Balikpapan”, demikian Abuya Sarkawi. {}

Komentar

Lainnya dalam Pariwisata

To Top