Ikuti kami

Semua Pengungsi Rohingya Bebas Covid-19

Nasional

Semua Pengungsi Rohingya Bebas Covid-19

Merdekabicara.com _Satuan Gugus Gugas Covidd-19 kabupaten Aceh Utara, Aceh  telah  selesai meriksa  kesehatan dan rapid test virus Covid-19 terhadap warga  Myanmar.

Rapat koordinasi bahas rohingya

Pemeriksaan kesehatan dan memberi bantuan makanan merupakan tahap awal bantuan perintah untuk pengungsi Rohingya yang terdampar di Selat Malaka, Indonesia, beberapa hari yang lalu.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi jajaran Forkopimda Aceh Utara bersama pejabat dari stakeholder terkait,  di Pendopo Bupati, Jumat, 26 Juni 2020.

Rapat koordinasi itu juga turut dihadiri perwakilan badan pengungsi PBB UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) dan NGO internasional IOM.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara Amir Syarifuddin, SKM, mengatakan pihaknya langsung melakukan pemeriksaan kesehatan setelah para pengungsi tiba di daratan Aceh Utara. “Sudah kita lakukan rapid test sebanyak 99 orang.  Sudah  selesai. Semuanya hasilnya not reactif, atau negatif Covid-19,” kata  Amir.

Selain dilakukan rapid test,  juga dilakukan pemeriksaan kesehatan secara umum. “ Hal ini dilakukan karena beberapa orang di antara mereka dalam kondisi lemah,”sebut Amir.

Pemeriksaan rapid test, kata Amir, mesti dilakukan karena saat ini sedang dalam penerapan protokol kesehatan untuk antisipasi pandemi Covid-19. Dalam penanganan pengungsi di tempat penampungan pihaknya juga tetap mengedepankan protokol kesehatan, tidak boleh sembarangan orang keluar masuk menemui pengungsi.Dilaporkan, tidak ada pengungsi etnis Rohigya yang perlu perawatan di sumah sakit, namun perawatan di  lakuka di  lokasi penampungan sementara, yaitu bangunan milik imigrasi di Puntuet, Kecamatan Blang  Mangat, pemko Lhokseumawe.

 

Sumber  : Humas Aceh Utara

Editor : Redaksi

Komentar

Lainnya dalam Nasional

To Top