Ikuti kami

Bertambah, Lima Kasus Baru Positif Covid-19, Warga Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

Kesehatan

Bertambah, Lima Kasus Baru Positif Covid-19, Warga Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara

MERDEKABICARA.COM | BANDA ACEH – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh kembali  menemukan lima kasus baru positif Covid-19, dari penelusuran orang kontak dekat suami-istri yang positif Covid-19, sebelumnya, masing-masing berinisial MS (42) dan Dl ( 41), warga Kota Lhokseumawe. Total kasus Covid-19 Aceh menjadi 27 orang.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Minggu (14/06/2020), usai mengumpulkan informasi dari Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Covid-19 Pemerintah Aceh, dr. Hanief, dan Gugus Tugas Bidang Kesehatan Pemerintah Kota Lhokseumawe, dr. Said Alami Zulfikar.

Kelima kasus baru Covid-19 masing-masing berinisial YI (13), MH (14), JH (16), dan SH (63) dari Kota Lhokseumawe. Sedangkan satu orang lainnya, SH (45) merupakan warga Aceh Utara, rinci Jubir Covid-19 Aceh yang disapa SAG itu.

Ia menjelaskan, kelimanya terdiri dari anak, saudara ipar, dan mertua dari suami-istri, MS dan DI, yang sedang diisolasi di RSUD Cut Meutia (RSUCM), Lhokseumawe.

“Kelimanya akan diisolasi di RSUCM besok pagi untuk perawatan dan pemantauan lebih lanjut,” tutur SAG.

SAG menjelaskan, MS dan DL merupakan OTG (Orang Tanpa Gejala). Pasangan ini diketahui positif Covid-19 berawal dari rapid test mandiri dan reaktif virus. Karena itu, dilanjutkan swab lendir tenggorokan dan hidungnya.

Hasil pemeriksaan swab dengan real time polymerase chain reaktion (RT-PCR), Laboratorium Fakultas Kedokteran, Usyiah, diketahui pasangan itu positif Covid-19, pada 19 Juni 2020.

Menyikapi OTG positif Covid itu, Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 mengambil swab 23 orang, yang memiliki kontak langsung dengan MS atau DL, anggota keluarga dan teman dekatnya, pada 12 Juni 2020, dan dikirim ke Balai Litbangkes Aceh, di Lambaro, Aceh Besar.

Hasil pemeriksaan RT-PCR ternyata 5 orang konfirmasi positif Covid-19, dan kelimanya memiliki hubungan keluarga dengan pasangan suami-istri tersebut.

“Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 tengah menelusuri lebih lanjut riwayat terpapar virus corona MS maupun DL. Ada informasi MS atau DL pernah ke Medan, namun sedang didalami akurasi informasi itu lebih rinci, seperti waktu pergi dan kembali ke Kota Lhokseumawe,” kata SAG.

SAG juga merilis kondisi terakhir kabupaten/kota per tanggal 14 Juni 2020, pukul 15.00 WIB. Data prevalensi Covid-19 berubah dengan ditemukan 5 kasus baru, warga Kota Lhokseumawe. Bila kemarin masih tercatat 22 kasus positif Covid-19 di Aceh, hari ini menjadi 27 kasus. Rinciannya, 2 orang dalam perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan akan dirujuk 5 orang lagi, Senin (15/6), 18 orang sudah sembuh, dan 1 orang meninggal dunia pada 23 Maret 2020.

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hari ini sebanyak 2.217 orang. Ada penambahan sebanyak 12 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sebanyak 115 orang. Rinciannya, PDP yang sedang dirawat dilaporkan sebanyak 2 orang, sudah sembuh 112 orang, dan meninggal dunia sebanyak 1 orang. Kasus PDP meninggal tercatat 1 kasus pada Maret 2020 lalu. {}

Komentar

Lainnya dalam Kesehatan

To Top