Ikuti kami

Demo di Pintu Dua, Anggota DPD RI dan DPRA Jadi Aktor Mediasi

Sosmas

Demo di Pintu Dua, Anggota DPD RI dan DPRA Jadi Aktor Mediasi

MERDEKABICARA.COM | LHOKSEUMAWE – masyarakat tiga belas Gampong lingkungan Petra Aron Gas (PAG), mengelar aksi demo di pintu dua Eks PT. Arun LNG, Senin (3/11), ratusan masyarat itu mentuntut kejahteraan mereka dari pihak perusahaan raksasa tersebut. H. Sudirman (H. Uma) Anggota DPD RI bersama Muslim Syamsuddin Anggota DPR Aceh menjadi aktor mediasi antara warga dan pihak perusahaan.

Kepada awak media, H. Sudirman, menyebutkan, dirinya datang langsung setelah mengetahui ada masyarakat yang berdemo di PT PAG, datang kelokasi dan melihat ada apa yang di tuntu oleh para pendemo, terkait penerimaan ternaga kerja yang sangat sedikit mempekerjakan tenaga dari warga lingkungan perusahaan, kemudian penggunaan dana CSA juga yang di oleh masyarakat tidak transparan, sehingga masyarakat merasakan adanya ketimpangan.

Namun, saya bersama Anggota DPR Aceh dan anggota DPRK Lhoksemawe, memanggil pihak perusahaan-perusahaan dan perwakilan masyarakat untuk duduk di satu ruangan untuk mencari solusi guna mengakomodir tuntutan masyarakat.

“Alhamdulillah media berjalan alot dan damai, sehingga sudah ada satu kesepakatan dari pihak perusahaan untuk mengakomodir tuntutan masyarakat” kata H. Uma, yang juga aktor utama dalam film komedia Aceh Umpang Breuh.

Haji Uma, menyebutkan, dalam mediasi itu menghasilkan satu kesepakatan antara pihak perusahan dan perwakilan masyarakat, bahkan dalam waktu ini akan di bentuk satu forum, forum tersebut akan menjadi alat komunikasi yang menginput segala informasi, baik itu dari pihak perusahaan maupun masyarakat.

“Forum juga menginput segala informasi tenaga kerja, apakah yang selama ini di pekerjakan di setiap proyek atau juga karyawan PAG sendiri apakan tenaga kerja daerah atau tenaga kerja yang di datangkan dari luar yang selama ini menjadi prasangka” ujarnya.

Haji mengatakan, bila mediasi ini gagal atau tidak bisa di selesaikan dengan baik dengan mengedepankan azas kemakmuran masyarakat.” Saya akan memanggil kembali pihak perusahaan.” Demikian kata H. Sudirman.

Sementara Muslim Syamsuddin ST, MAP, Anggota DPR Aceh, menyebutkan, dalam mediasi ini ada enam perusahaan di dalam lingkungan PAG yang kita panggil hari ini, namun yang hadir hanya lima perusahaan, dan saya bersama Tgk H. Sudirman menjadi tim mediator mediasi tersebut.

“Alhamdulillah mediasi itu membuahkan satu kesepakatan” papar muslim. Namun, kata Muslum, hasil yang telah di sepakati hari ini, akan di bahas kembali pada pertemuan selanjutnya, tentang tata cara poin-poin yang realisasi, apa yang telah tercatat dalam notulensi dalam pertemuan hari ini. Demikian Muslim. (Hs)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Sosmas

To Top