Home / Pariwisata / 65 Peserta Ramaikan Pemilihan Duta Museum Samudra Pasai
Museum Samudra Pasai

65 Peserta Ramaikan Pemilihan Duta Museum Samudra Pasai

MERDEKABICARA.COM | ACEH UTARA – Sebanyak 65 peserta ikut meramaikan pemilihan Duta Museum Islam Samudra Pasai, para peserta ini berasal dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Kegiatan tersebut akan di gelar di Museum Islam Samudra Pasai, tepatnya di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudra, Kabupaten Aceh Utara, bahkan sudah memasuki tahap seleksi awal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara Saifullah M.Pd melalui panitia pelaksana, Ramin Syarifuddin kepada awak media, Rabu (16/10) mengatakan, usai pendaftaran ditutup nanti pada Kamis (17/10) pukul 00.00 Wib pihaknya langsung memulai seleksi tahap pertama proses pemilihan duta museum.

“Setelah penutupan pendaftaran bagi peserta, kami pihak panitia akan melakukan seleksi tahap awal, yaitu seleksi administrasi peserta dan tes wawancara yang direncanakan Sabtu (19/10) bertempat di Sekretariat Museum Samudera Pasai,” ujarnya.

Selanjutnya, tambah Ramin, dari hasil seleksi itu nanti akan dipilih 15 pasangan calon Duta Museum Samudera Pasai yang juga akan diikutkan dalam pembekalan tentang apa yang terdapat di museum tersebut serta pengetahuan terkait sejarah kerajaan Samudera Pasai.

Dalam pemilihan ini, kata dia, ada tiga tahap yang akan dilalui oleh para peserta. Diantaranya, proses seleksi tahap awal, seleksi presentasi dan uji pengetahuan tentang Museum Samudera Pasai serta isinya dan tahap terakhir presentasi publik.

“Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat mengangkat dan mempromosikan museum ke masyarakat, baik dalam maupun luar negeri, sehingga mereka tahu sejarah Kerajaan Samudra Pasai yang merupakan kerajaan Islam terbesar di Asia Tenggara, sebagaimana tujuan museum yakni sebagai sarana edukasi dan relaksasi,’ tandasnya. (HS)

Komentar

Baca juga

Dikosongkan Sementara Waktu, Pasar Geudong di Tata Ulang

MERDEKABICARA.COM | ACEH UTARA – Isu yang berkembang tentang penggusuran terhadap para pedagang di Pasar …