Home / Sosmas / Kelompok Tani Mekar Sari Lounching Perdana KRPL

Kelompok Tani Mekar Sari Lounching Perdana KRPL

Langsa | MERDEKABICARA.COM – Kelompok Tani Mekar Sari gampong Simpang Lhee Kec.Langsa Barat Pemko Langsa gelar acara Lounching Perdana kebun Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), kegiatan ini dilaksanakan Rabu (14/2) bertempat di kediaman wakil ketua kelompok dusun Balee.

Hadir pada Lounching Perdana KRPL tersebut antara lain Seketaris Dinas Pertanian Kota Langsa Usman,SP, Kabid Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Nauval AMD. Kades gampong Simpang Lhee Saiful Anwar,ST .

Selain itu hadir juga pemuka agama gampong setempat, Ketua Kelompok Tani Dewi Safrida,S.Pd beserta anggotanya, Penyuluh Pendamping dari dinas Pertanian Kota Langsa, “Nurliah.SP, Babinsa Koramil Langsa Barat, Tuha Peuat gampong serta ibu-ibu PKK yang ada digampong tersebut.

Pada kesempatan itu Ketua Kelompok Tani Mekar Sari gampong Simpang Lhee, “Dewi Safrida,S.Pd, dalam paparan sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah bekerja dan berupaya mewujudkan keberhasilan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari), gampong Simpang Lhee yang hingga pada hari ini telah terlihat hasilnya, sebutnya.

Dijelaskannya, keberhasilan yang telah didapat kelopok tani Mekar Sari dalam pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), tidak terlepas dari dukungan dan spot yang diberikan oleh petugas Dinas Pertanian dalam hal ini Penyuluh Pendamping Nurliah,SP yang ditugaskan kegampong Simpang Lhee.

Selain itu, sambung dia lagi, dengan adanya bantuan dana APBA dari Propinsi lewat dinas pertanian Kota Langsa membuat Kelompok Tani Mekar Sari mampu mengembangkan budidaya tanaman pangan lebih kurang sebanyak 20 jenis tanaman pangan rumahan yang layak komsumsi bebas dari Peptisida dan herbisida

Dengan harapan usaha yang dilakoni kelompok tani Mekar Sari gampong Simpang Lhee akan terus bisa berlanjut dimasa-masa yang akan datang serta mampu memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat dan juga gampong lain agar tertarik memamfa’atkan lahan kosong sekitar lokasi rumah untuk hal-hal positif menghasilkan, imbuhnya.

Ditempat yang sama Geuchik gampong Simpang Lhee Saiful Anwar,ST menyampaikan rasa kagumnya terhadap keberhasilan Kelompok Tani Mekar Sari yang menurutnya semua tanaman berhasil tumbuh dengan baik dikelola secara alami tampa memakai bahan Kimia.

Terima kasih kepada petugas terkait dinas pertanian, dimana berkat bantuan dan bimbingan dari petugas Penyuluh Pendamping, kata Saiful, kelompok Tani Mekar Sari gampong Simpang Lhee berhasil mengembangkan Kawasan Rumah Pangan Lestari, ujarnya.

Sementara itu dalam arahan dan sambutannya Seketaris dinas Pertanian Kota Langsa Usman,SP mengatakan, lounching dengan kata lain adalah pameran atau pengenalan  sebagaimana yang dilakukan hari ini oleh kelompok Tani Mekar Sari yakni memperkenalkan kebun tanaman Pangan yang berhasil mereka kelola kepada masyarakat.
Dikawasan rumah pangan lestari ini, lanjut Seketaris dinas pertanian kota Langsa ini, ada berbagai jenis sayur-sayuran maupun buah-buahan yang tumbuh secara alami untuk keperluan sehari-hari rumah tangga, sayur manyur yang didapatkan dari Kebun KRPL itu juga masih segar-segar dan berkualitas.

Dirinya berharap, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) gampong Simpang Lhee dibawah pengelolaan Kelompok Tani Mekar Sari, kedepannya harus bisa menjadi lahan yang mampu menghasilkan tanaman-tanaman higenis untuk dipasarkan kepada masyarakat luas, untasnya.

Penulis   : Baihaqi

Editor    : Arzak

Komentar

Baca juga

Dituduh Bawa Kabur Aset Negara, Roy Suryo: Ini Fitnah

JAKARTA | MERDEKABICARA.COM – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, membantah masih membawa 3.226 aset …