Home / Sosmas / Sekda Peusijeuk Kantor Geuchik Geudubang Aceh

Sekda Peusijeuk Kantor Geuchik Geudubang Aceh

Langsa |MERDEKABICARA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Langsa H.Syahrul Thaib,SH,M.AP melakukan
tepung tawar (Peusijeuk) kantor Geuchik Gampong Geudubang Aceh Kec. Langsa Baro, Kota Langsa, Rabu (14/2).

Selain melakukan
peusijuk, Sekda juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada sejumlah Tuha Peut yang baru periode 2018-2024.

Kegiatan itu selain dihadiri Sekda, juga turut dihadiri oleh sejumlah unsur OPD, Camat Langsa Baro, Pendamping desa, perangkat gampong serta tamu undangan lainnya.

Geuchik Gampong Geudubang Aceh Hasanuddin dalam paparannya mengatakan,
peusijuk merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan masyarakat di Aceh.

Peusijuk memiliki makna yang penting, karena
peusijuk merupakan adat istiadat masyarakat Aceh yang lazim dilaksanakan dalam setiap pembangunan, baik itu rumah, kantor maupun lainnya” ujarnya.

Dirinya juga ikut mengapresiasikan kinerja Tuha Peut terdahulu yang telah mengabdi, dan kepada Tuha Peut yang baru, dirinya berharap untuk dapat menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ditempat yang sama, Sekda Kota Langsa Syahrul Thaib dalam sambutan mengatakan, Tuha Peut dan Geuhik harus dapat bersinergi dalam menjalankan program-program desa.

“Tuha Peut sebagai lembaga legeslatif Gampong, jelas Syahrul, mempunyai fungsi melakukan pengawasan, sedangkan Geuchik merupakan lembaga Eksekutifnya, atau pelaksana program.

Oleh karenanya, kedua lembaga ini harus saling beriringan, jalan bersama, jangan mepertahankan ego masing–masing dalam membangun Gampong”.

Dikatannya, Gampong sekarang tidak lagi sama dengan Gampong yang dulu, dari segi anggaran sudah disediakan oleh pemerintah yang bertujuan agar dapat membangun Gampong sehingga berubah dari ketertinggalan menjadi lebih baik.

“Gampong saat sekarang ini, sambung dia lagi, tidak perlu bersusah payah seperti dulu,
Kalau dulu gampong tidak ada dana dan harus mencari partisipasi atau sumbangan dari masyarakat.

Namun seiring waktu berjalan dengan dikucurkannya ADG oleh pemerintah yang setiap tahunnya terus meningkat” hal itu tentunya akan sangat membantu khususnya pimpinan desa (Kades) sehingga mereka dapat melaksanakan semua pembangunan gampong.

Untuk itu, Syahrul selaku Sekda berharap supaya pembangunan gampong dapat lebih ditingkatkan lagi, karena pemerintah gampong merupakan ujung tombak yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, tutup sekda dalam sambutannya.

Penulis  : Baihaqi

Editor    : Arzak

Komentar

Baca juga

DPD RI Asal Aceh : Hukuman Koruptor Potong Tangan dan Pancung

LHOKSEUMAWE | MERDEKABICARA.COM – Anggota DPD RI dari wilayah pemilihan Aceh Fachrul Razi, MSP  kepada Media …