Home / Sosmas / Dinas Kelautan Perikanan Gelar Musyawarah Pemilihan Panglima Laot

Dinas Kelautan Perikanan Gelar Musyawarah Pemilihan Panglima Laot

Langsa | MERDEKABICARA.COM – Petugas dari dinas Kelautan dan Perikanan Kota Langsa Kamalul Rusdi.S.STPi mengadakan rapat musyawarah pembentukan Panitia Pemilihan Panglima Laot Lhok untuk wilayah Kecamatan Langsa Lama dan Langsa Timur yang mencakupi delapan desa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor geuchik gampong Kapa Kecamatan Langsa Timur Pemko Langsa Senin (13/2). Hadir pada rapat tersebut antara lain geuchik gampong setempat Zulkifli Aman, Sekdes, Panglima Laot peroide terdahulu Ahmat T.Nur, Babin Kantibmas dari Polsek Langsa Timur Aipda Pardius, serta sejumlah nelayan dari delapan desa.

Dalam arahan dan paparannya Kamalul Rusdi,S.STP.i dihadapan para nelayan menuturkan, sampai dengan hari ini sesuai data yang diterima baru tiga orang saja yang mendaftarkan diri sebagai calon Panglima Laot sementara yang lain belum ada informasi lebih lanjut, ujarnya.

Dijelaskannya, pemilihan Panglima laot harus sesuai dengan ADRT yakni peserta calon pamglima Laot Lhok berasal dari Pawang Boat Pukat Langga. Sedangkan untuk daeah yang tidak ada Boat Pukat seperti Sungai Lueng maka akan disesuaikan dengan keadaan yang ada didaerah tersebut, tuturnya menerangkan.

Lebih lanjut Ia mengatakan, syarat-syarat menjadi Panglima Laot khususnya di Propinsi Aceh, kata dia, yang pertama harus beragama Islam, Memahami adat istiadat di gampong, mampu membaca dan menulis, Jujur, dan yang terakhir adalah nelayan yang Berdomisili digampong, sedangkan masa kerja Panglima Laot yaitu selama enam tahun, imbuhnya.

Kamalul menerangkan, pemilihan Panglima Laot dilakukan melalui proses musyawarah antara Pawang Boat Pukat dan masyarakat nelayan, sementara untuk Panitia terdiri dari Pawang Boat Pukat, Tokoh Adat, dan nelayan, bagi yang berminat menjadi Panglima Laot boleh mendaftarkan diri kepada panitia selambat-lambatnya sampai dengan hari Sabtu minggu ini, urainya.

Dengan selesainya musyawarah tersebut, Kamalul berharap kepada panitia pemilihan yang terbentuk nantinya bisa bekerja semaksimal mungkin membantu dan mempercepat proses jalan pemilihan Panglima Laot Lhok untuk wilayah Kecamatan Langsa Timur/Langsa Lama.

Disamping itu, dirinya juga berharap siapapun yang terpilih menjadi Panglima Laot periode 2018-2023, itu merupakan hasil dari keputusan dan kesepakatan bersama sehingga tidak ada lagi permasalahan atau klaim dibelakang hari, tegasnya penuh harap.

Penulis   : Baihaqi

Editor     : Arzak

Komentar

Baca juga

Tambak Udang Pesisir Barat Sumatra Masuk Zona Merah

BANDAR LAMPUNG | MERDEKABICARA.COM – Budi daya udang yang ada di sepanjang pesisir barat Sumatra mulai …