Home / Sosmas / Wakil Walikota Marzuki Hamid Lantik 298 Anggota Tuha Peuet

Wakil Walikota Marzuki Hamid Lantik 298 Anggota Tuha Peuet

Wakil Walikota Langsa Drs.Marzuki Hamid,MM melakukan Peresmian dan Pengambilan Sumpah/Janji Tuha Peuet Gampong Dalam Wilayah Kota Langsa untuk masa jabatan 2018-2024, acara tersebut dilaksanakan di Aula Cakradonya Kamis (1/2).

Hadir dalam kegiatan tersebut,”Azmi Plt Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong kota Langsa (BPM), Kepala Kejaksaan, Kepala Kehakiman, Camat dari lima Kecamatan, geuchik Sepemko Langsa, ketua MPU,MPD,MAA, Ketua Komisi Satu Anggota DPRK Maimul Mahdi, Danramil, dan Kapolsek, Mukim, Asisten II Seketariat Pemko Langsa Abdullah Gade, para pendamping serta para anggota Tuha peuat yang akan dilantik.

Dalam arahan dan sambutannya Wakil Walikota Langsa Drs.Marzuki Hamid,MM
Mengharapakan apa yang sudah diucapkan dalam sumpah janji Tuha Peuet seyogyanya dapat dijalankan.

Tuha peaut gampong adalah unsur pemerintahan gampong yang akan mengawasi kegiatan bersama yang dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan gampong, sebut Marzuki dalam arahannya.

Ia menambahkan, pada zaman dahulu sudah ada Tuha Peuet, bahkan Belanda telah menulis tentang keberadaan Tuha Peuet khususnya di Aceh, oleh karenanya kepada Tuha Peuet yang baru dilantik diharapkan bisa berjiwa dewasa dan jernih dalam pemikiran.

Tuha peuet harus tahu seluk beluk gampong (tuha tuho), Tuha peuet juga harus kenal diri sendiri (Tuha Turidro), serta harus melekat dengan mesjid dan anti terhadap maksiat.

Tuha peaut juga harus jadi contoh teladan bagi masyarakat, serta respek terhadap kejadian dilingkungan, ujar Marzuki seraya mengatakan, Pelajari dan dalami tentang peraturan yang menyangkut hak, tugas dan kewajiban Tuha Peuet Gampong, sebutnya.

Lebih lanjut Marzuki mengatakan, ada beberapa indikator sebagai gampong yang baik yakni efektip menjalankan pembangunan, aparatur gampong kompak dalam menjalankan program demi kemajuan gampong yang disertai adanya semangat membangun, tegas Marzuki dalam paparannya.

Sementara itu, Indikator yang kedua, kata dia lagi, Semua persoalan yang terjadi digampong dapat diselesaikan dengan cara musyawarah serta mempunyai rasa tanggung jawab bersama.
Kemudian kebersihan lingkungan, Ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Yang Ketiga, lanjut Marzuki, mampu memakmurkan Masjid.
Kemudian indikator yang ke empat yaitu adanya Partisipasi masyarakat dalam segala aspek kehidupan, baik gotong royong, maupun hal-hal lain yang menyangkut keagamaan.

Indikator ke lima termasuk  gampong yang baik adalah adanya peradilan adat yang mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul ditengah-tengah masyarakat, dan Indikator yang terakhir adalah adanya prestasi yang diraih oleh gampong, pungkasnya.

Adapun pelantikan dan pengambilan sumpah Tuha Peuet dari berbagai gampong yang tersebar dilima Kecamatan dalam Pemko Langsa dilakukan Wakil Walikota Drs.Marzuki Hamid.MM, acara berlangsung sukses dan tertib.

Penulis : Boihaqi

Editor   : Arzak

Komentar

Baca juga

Dituduh Bawa Kabur Aset Negara, Roy Suryo: Ini Fitnah

JAKARTA | MERDEKABICARA.COM – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, membantah masih membawa 3.226 aset …