Home / Kesehatan / RSU Cut Meutia Tingkatkan Kemampuan Tenaga Medis

RSU Cut Meutia Tingkatkan Kemampuan Tenaga Medis

ACEH UTARA | MERDEKABICARA.COM – Kegiatan Pelatihan Keselamatan Pasien  (RSUCM) Aceh Utara digelar  di hotel Singapore, Lhokseumawe, selama dua (30-31 Agustus 2017). Kegiatan yang bersumber dari anggaran Otsus tahun 2017 tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Direktur Bidang Peningkatan SDM, Sofyan M. Kes.

Ketua panitia kegiatan Muhammad Syafii mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta dari kalangan internal rumah sakit.  Selain dokter spesialis, dokter umum dan tenaga perawat, kegiatan ini juga diikuti oleh tenaga penunjang lainnya. Masing-masing ruangan mengutus minimal 2 orang sebagai peserta untuk dilatih.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan, perlindungan dan keselamatan pasien. Salahsatunya dari segi obat-obatan dan pemberian tindakan bagi pasien” ujar Syafii disela acara, Kamis (31/8/2017).

Ketua panitia kegiatan Muhammad Syafii (kanan) dan Kasie Diklat Arief Budiman (kiri)

lebih lanjut Syafii mengatakan, selain untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di RSUCM, pelatihan ini juga bagian dari upaya pihaknya untuk memperoleh akreditasi. Akreditasi ini diperlukan sebagai syarat diadakannya kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan.

“Kita (RSUCM) sekarang tipe-B, tapi belum terakreditasi. Semua rumah sakit memang saat ini dituntut untuk terakreditasi. Ini yang sedang kita upayakan. Selain dari sisi fasilitas, syarat akreditasi itu, seperti ini, pengembangan mutu SDM” kata Syafii yang didampingi Kasie Diklat Arief Budiman.

Tenaga Anasthesi di RSUCM ini juga mengungkapkan beberapa pelatihan yang telah dilaksanakan pihaknya, seperti pelatihan BHD (bantuan hidup dasar) pelatihan kebencanaan dan beberapa pelatihan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, Melalui pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan kemampuan untuk pelayanan yang baik bagi masyarakat.

“Harapan kami, semoga apa yang telah diberikan dapat diserap dan diimplementasikan untuk diri sendiri, rumah sakit dan masyarakat yang berkunjung ke rumah sakit” Muhammad Syafii.

 

PENULIS : RIF

EDITOR   : ARZAK

 

Komentar

Baca juga

Dituduh Bawa Kabur Aset Negara, Roy Suryo: Ini Fitnah

JAKARTA | MERDEKABICARA.COM – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, membantah masih membawa 3.226 aset …