Ikuti kami

Begini Cara Letjend Doni Monardo Mengatasi Banjir

Lingkungan

Begini Cara Letjend Doni Monardo Mengatasi Banjir

MERDEKABICARA-Salah satu cara mengendalikan erosi tanah adalah dengan cara menanam pohon Vetiver atau akar wangi.Tanaman yang mirip dengan pohon serai ini dinilai dapat menjaga tanah dari terjangan air bah sehingga cocok ditanam di bantaran atau tanggul sugai yang sering jebol.

Hal ini disampaikan oleh kepala BNPB Pusat Letnan Jendral Doni Monardo kepada wartawan, baru baru ini. Menurut Letjend Doni Monardo, pohon akar wangi telah terbukti mampu menimalkan erosi sungai, “ seperti yang di sugai Ciliwung, “kata Doni Monardo.

Hal ini dikatakan oleh kepala BNPB usai mengunjungi kawasan bencana banjir yang terjadi di kabupaten Aceh Utara. Dalam kunjungan ini Doni Monardo meninjau dan  melihat secara langsung beberapa lokasi bantaran sungai yang jebol diterjang banjir.

Akibatya jebolnya tanggul Sungai Kreung Keurutoe dan Sungai Krueng Pase, menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah kecamatan di kaupaten Aceh Utara.

Doni Monardo mengatakan, BNPB akan membentuk suatu Satgas atau Satuan tugas untuk menanam pohon akar wangi dibantaran sungai.

Satgas ini merupakan tim satuan gabungan dari beberapa pihak.

Siapa saja yang dilibatkan ? Nonton videonya di https://youtu.be/oXWh_E3Y4ns

“ Penanaman akar wangi adalah penanggulanga banjir jangka menengah,” sebut jenderal bintang tiga ini.

Menurut jendral yang kerap mengungkap kalimat  “kita menjaga alam, alam menjaga kita” ini, jangka pendek penanggulangan banjir di Aceh Utara adalah mengeruk muara sungai, sedangkan jangka panjangnya adalah mengembalikan ekosistem yang terlanjur rusak .

Komentar

Lainnya dalam Lingkungan

To Top