Ikuti kami

Kampung Meriah Jaya Wakili Bener Meriah pada Lomba Evaluasi Perkembangan Kampung Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020

Sosmas

Kampung Meriah Jaya Wakili Bener Meriah pada Lomba Evaluasi Perkembangan Kampung Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020

MERDEKABICARA.COM | Kampung Meriah Jaya Kecamatan Gajah Putih keluar sebagai juara 1 pada perlombaan evaluasi perkembangan kampung tingkat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2020 di Aula Setdakab Bener Meriah, Kamis (10-09-2020).

Pada kesempatannya Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menyerahkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan bagi pemenang kejuaraan tersebut.

Sedangkan untuk juara kedua diraih oleh Kampung Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah, juara ketiga Kampung Kebun Baru, Kecamatan Wih Pesam. Untuk juara harapan 1 diraih oleh Kampung Cemparam Lama, Kecamatan Mesidah, harapan kedua Kampung Bener Pepanyi, Kecamatan Permata, dan harapan ketiga diraih oleh Kampung Bathin Wih Pongas, Kecamatan Bukit.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam arahannya menyampaikan, pemberian penghargaan untuk para pemenang lomba kampung tentu saja tujuannya untuk memberikan dorongan, memberikan semangat, dan memberikan sugesti kepada kampung-kampung untuk terus melakukan inovasi-inovasi, serta melakukan pembenahan-pembenahan di Kampung dan desa masing-masing.

”Karena apapun ceritannya semua program pembangunan itu muaranya ada di desa, tentu saja desa itu harus kuat, reje harus mempunyai inovasi dan harus punya tim yang solid di desanya masing-masing,” ucap Tgk. H. Sarkawi.

Bupati Bener Meriah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pemenang lomba evaluasi perkembangan kampung tingkat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2020 dan berharap para pemenang agar tidak cepat merasa puas atas prestasi yang diraih.

Sebelumnnya Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Bener Meriah drh. Sofyan dalam laporannya menyampaikan, lomba evaluasi perkembangan  kampung pada hakekatnya merupakan kompetensi dan evaluasi hasil pengembangn kampung yang bersifat mendorong kebersamaan, keswadayaan dan gotong royong dilakukan setiap tahun secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan pusat.

Sofyan juga mengatakan, tujuan lomba kampung tersebut untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil perkembangan sebuah kampung serta untuk mengetahui efektifitas dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, pembinaan masyarakatan kampung. Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing kampung yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan kampung dalam kurun waktu bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2018-2019.

drh. Sofyanmenambahkan, dari 10 kecamatan di Kabupaten Bener Meriah yang memenuhi syarat administrasi ada enam kampung yaitu, Kampung Bathin Wih Pongas, Kecamatan Bukit, Kampung Bener Pepanyi, Kecamatan Permata, Kampung Cemparam Lama, Kecamatan Mesidah, Kampung Kebun Baru, Kecamatan Wih Pesam, Kampung Damaran Baru, Kecamatan Timang Gajah dan Kampung Meriah Jaya, Kecamatan Gajah Putih.

”Setelah penilaian administrasi, maka dilakukan klarifikasi lapangan yang hasilnya sesuai dengan keputusan Bupati Bener Meriah nomor : 410/389/SK/2020 Tanggal 02 April 2020 tentang penetapan pemenang lomba kampung tingkat Kabupaten Bener Meriah.

Seyogyanya pemenang juara pertama lomba kampung tingkat Kabupaten Bener Meriah Tahun 2020 akan mewakili Kabupaten Bener Meriah dalam kegiatan lomba kampung tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020 yang diselenggarakan bersama dengan ivent Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) Tahun 2020 di Kota Subulussalam namun, karena adannya wabah Covid-19 kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan,”terang Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung itu. {}

Komentar

Lainnya dalam Sosmas

To Top