Ikuti kami

Ketegangan di Mediterania Timur Terus Meningkat, Turki dan NATO Adakan Diskusi di Ankara

Dunia

Ketegangan di Mediterania Timur Terus Meningkat, Turki dan NATO Adakan Diskusi di Ankara

MERDEKABICARA.COM | Otoritas Turki melalui Menteri pertahanannya menemui kepala Komite Militer NATO pada Senin.

Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar dan Stuart Peach berencana menggelar diskusi di Gedung Kementerian Pertahanan Nasional Turki di Ankara.

Pertemuan yang dilakukan itu setelah Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengumumkan akhir pekan lalu bahwa pembicaraan antara Turki dan Yunani untuk menyelesaikan ketegangan di Mediterania Timur telah dimulai.

Pada Kamis, Stoltenberg mengatakan Ankara dan Athena setuju untuk mengadakan diskusi teknis di NATO untuk mengurangi risiko insiden di Mediterania Timur, yang mendapat bantahan oleh pemerintah Yunani yang menyatakan tidak mau melakukan dialog tersebut.

Hingga saat ini pemerintah Yunani terus mempermasalahkan eksplorasi energi yang dilakukan oleh Turki di Laut Mediterania Timur tersebut.

Turki merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di Mediterania, telah mengirimkan kapal bor untuk mengeksplorasi energi di landas kontinennya, dimana Yunani mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh Turki di Mediterania Timur telah melanggar wilayah kedaulatannya.

Turki dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC) menegaskan kepada Yunani bahwa mereka memiliki hak di wilayah Mediterania Timur tersebut.

Hingga kini ketegangan di Mediterania Timur terus memuncak dan bisa saja sewaktu-waktu terjadit perang, dimana diketahui Yunani mendapat dukungan dari beberapa negara Uni Eropa, akan tetapi Turki tetap bersikukuh bahwasanya Mediterania Timur merupakan wilayahnya.

 

Sumber: aa

Komentar

Lainnya dalam Dunia

To Top