Ikuti kami

Pemerintah Aceh Bantu Korban Angin Puting Beliung di Kabupaten Aceh Tengah

Sosmas

Pemerintah Aceh Bantu Korban Angin Puting Beliung di Kabupaten Aceh Tengah

MERDEKABICARA.COM | Pemerintah Aceh menyerahkan bantuan kebutuhan dasar kepada 32 orang masyarakat korban angin puting beliung yang terjadi di empat desa yang berada di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Plt. Gubernur Aceh di lokasi pengungsian korban angin puting beliung turut didampingi Bupati Aceh Tengah beberapa Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh antara lain Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Ir. Sunawardi, M.Si, Kepala Dinas Sosial Aceh, Drs. Alhudri, MM, juga hadir Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Hendra Budian dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh lainnya.

Sebanyak 32 orang masyarakat penerima bantuan pemenuhan kebutuhan dasar tersebut adalah yang rumahnya mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang melanda Kabupaten Aceh Tengah pada  Selasa 25 Agustus 2020 sekitar pukul 17.30 WIB lalu yaitu Desa Belang Bebangka, Desa Kayukul, Desa Jurusan dan Desa Kute Lintang.

Akibat kejadian angin puting beliung tersebut masyarakat yang rumahnya mengalami rusak untuk sementara mengungsi ke lapangan kampung Jurusan di Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Nova Iriansyah sebelum menyerahkan bantuan dari Pemerintah Aceh juga menyempatkan dirnya menjumpai masyarakat di lokasi pengungsian sekaligus meninjau rumah masyarakat yang mengalami kerusakan pasca terjadi bencana angin puting beliung serta turut membacakan puisi yang menceritakan angin puting beliung karya masyarakat setempat.

Adapun bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh, berupa 32 paket bantuan lauk pauk yang terdiri dari Beras 5 Kg, Indomie 20 bungkus, minyak goreng 2 liter, Ikan Kaleng 4 kaleng, Saos Tomat 1 botol, Saos Sambal 1 botol, Kecap 2 botol, garam 250 gram. Disamping 32 paket lauk pauk, juga terdapat 32 unit matras dan 32 unit tenda gulung untuk korban.

Sementara bantuan dari Dinas Sosial Aceh berupa mie instan 500 dus, biskuit 90 dus, kecap 90 dus, sambal 90 dus, minyak goreng 90 dus, air mineral 350 dus, sarden 110 dus, baskom karet 6 buah, panci serbaguna 14 set, tong air 3 buah, wajan aluminium 75 buah, baju kaos kerah 310 pcs, sajadah pendek 250 lembar, kasur 10 buah, bantal tidur dan sarung 10 paket, bantal guling dan sarung 10 paket, sprei 10 lembar, seragam sekolah SD anak laki-laki 20 stel, seragam sekolah SD anak perempuan 20 stel, seragam sekolah SMP anak perempuan 15 stel, seragam sekolah SMP anak laki-laki 15 stel, peralatan tas sekolah 70 paket, perlengkapan kebutuhan khusus 30 paket, tenda gulung 100 lembar dan lainnya.

Nova Iriansyah kepada media mengatakan, fenomena alam emang selalu terjadi di kampung, kita prihatin kali ini ada fenomena alam memang sering terjadi, Pemerintah Aceh perihatian ada fenomena angin puting beliung yang menimpa beberapa Desa di Kecamatan Pegasing. kalau kita prihatin tapi kita harus tetap sabar, kita optimis karena Negara selalu hadir dalam setiap kondisi suka dan duka.

Ada skema bantuan masa panik dari dari Dinas Sosial Aceh dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh yang telah diserahkan secara simbolis kepada Bupati Aceh Tengah, Drs. Sabella Abubakar, SH disamping itu Plt. Gubernur Aceh juga membagikan masker untuk masyarakat Aceh Tengah.

Selanjutnya Nova meminta Bupati Aceh Tengah untuk mempersiapkan skema bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi diajukan kepada Gubernur Aceh, yang menjadi tugas Provinsi nanti akan ditindaklanjuti yang menjadi tugas bupati juga akan ditindaklanjuti.

“Apapun yang terjadi kita tetap bersama-sama dan saya minta masyarakat Aceh Tengah, khususnya Kecamatan Pegasing untuk bersabar. Usaha dan upaya tetap kita lakukan dan yang terpenting karena saat ini sedang Covid-19 jangan lupa pakai masker, dihindari keramaian dan saat penyerahan bantuan ini, kita jangan berlama-lama berdekatan serta sering cuci tangan dengan sabun” kata Nova. {}

Komentar

Lainnya dalam Sosmas

To Top