Ikuti kami

Meski di Tengah Pandemi, Jumlah Hewan Qurban Aceh Besar Capai 2.588 Ekor

Islam

Meski di Tengah Pandemi, Jumlah Hewan Qurban Aceh Besar Capai 2.588 Ekor

MERDEKABICARA.COM | Pada Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M tahun ini, jumlah hewan qurban yang akan disembelih yang terdata hingga Rabu (129/7) siang di Kabupaten Aceh Besar mencapai 2.588 ekor. Meski di tengah pandemi Covid-19, jumlah qurban mengalami peningkatan. Namun, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar tetap mengimbau masyarakat dan panitia qurban agar mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan qurban tersebut.

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali di Kota Jantho, Rabu (29/7/2020) siang menjelaskan, jumlah hewan qurban yang sudah terdata itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Aceh Besar pada tahun ini akan menyembelih lembu sebanyak 1.950 ekor, kerbau 12 ekor, dan kambing 626 ekor. Sedangkan tahun 2019 lalu adalah 2.343 ekor, dengan rincian lembu sebanyak 1.743 ekor, kerbau 3 ekor, serta kambing 597 ekor”, jelas Mawardi.

Dengan demikian, terjadi peningkatan hewan qurban sebanyak 245 ekor dibanding tahun sebelumnya. Atau terjadi kenaikan 10,45 persen dibandingkan tahun 2019.

Semangat berqurban di kalangan masyarakat dan OPD masih sangat tinggi, walaupun di tengah kondisi musibah Covid-19 seperti saat ini.

“Kita tetap mengimbau supaya pelaksanaan qurban di Aceh Besar dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak aman, dan segera mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan proses pelaksanaan qurban,” kata Bupati Aceh Besar

Selain dilaksanakan di Kota Jantho, penyembelihan qurban juga dilakukan di tingkat kecamatan hingga ke 604 gampong yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Daging qurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

H Mawardi Ali mengungkapkan, qurban merupakan manifestasi rasa syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan kepada umat Islam dan harus dilaksanakan dengan rasa ikhlas, mengenang kisah Nabi Ibrahim as bersama keluarganya yang telah rela mengorbankan jiwa, keluarga dan harta untuk menunaikan perintah Ilahi.

Melalui Hari Raya Idul Adha juga merupakan kesempatan paling baik untuk umat Islam agar saling berbagi kepada yang kurang mampu.
Bupati Aceh Besar mengajak semua panitia qurban benar-benar menerapkan protokol kesehatan.

Selain menjaga ke-bersihan tempat dan peralatan penyembelihan, panitia qurban juga harus mendeteksi dini hewan qurban yang akan disembelih guna memberikan rasa aman bagi penerima qurban, sehingga betul-betul mendapat daging yang sehat dan bebas dari berbagai penyakit.

“Mari kita sambut Hari Raya Idul Adha 1441 H ini dengan rasa bahagia dan selalu bersyukur kepada Allah SWT. Doa kita semua, semoga Covid-19 ini akan segera tuntas,” pungkasnya. {}

Komentar

Lainnya dalam Islam

To Top