Ikuti kami

Update Covid-19 Aceh, 2 Kasus Baru di Aceh Timur

Kesehatan

Update Covid-19 Aceh, 2 Kasus Baru di Aceh Timur

MERDEKABICARA.COM | BANDA ACEH – Dua Kasus baru Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) muncul di Aceh Timur, yakni kasus-147 dan kasus 148. Padahal selama ini Kabupaten Aceh Timur nihil Covid-19 akan tetapi langsung mencatatkan temuan dua kasus baru sekaligus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani dalam update informasi harian, Senin (20/7/2020).  Kasus 147 dan Kasus 148 tersebut keduanya berjenis kelamin laki-laki berumur 31 dan 46 tahun, langsung melakukan isolasi diri dan tidak berinteraksi dengan masyarakat.

“Di Provinsi Aceh ada enam kabupaten/kota yang masih nihil Covid-19, yakni Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Singkil, Nagan Raya, Pidie Jaya, dan Kota Subulussalam,” terangnya.

Menurut Jubir Covid Aceh, semua tingkat di kalangan masyarakat harus pro aktif dalam menjaga diri, keluarga, dan masyarakat di sekitarnya. Setiap saat memakai masker terutama saat berada di luar rumah, menjaga jarak minimal 1 meter, menerapkan etika batuk dan bersin, serta sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh mulut, mata, atau hidung.

Masyarakat harus lebih selektif menyikapi informasi. Ada banyak berita palsu (hoax) di seputar Covid-19 dan harus disikapi secara bijak. Informasi yang diragukan kebenarannya segera konfirmasi kepada tenaga kesehatan, seperti bidan desa. Kewaspadaan perlu ditingkatkan dan saling membantu serta mendukung untuk penguatan daya tahan berbasis komunitas, ujar SAG.

“Pada tingkat gampong, Keuchik, Reje, atau sebutan lain selaku ketua gampong, lebih menggalakkan Gampong Siaga Covid-19, menerapkan protokol kesehatan gampong secara disiplin dan konsisten,” pungkasnya. {}

Komentar

Lainnya dalam Kesehatan

To Top