Ikuti kami

Zikir Akbar dan Tauziah Semarakkan Maulid Nabi di Gampong Pulo Tunong

Islam

Zikir Akbar dan Tauziah Semarakkan Maulid Nabi di Gampong Pulo Tunong

MERDEKABICARA.COM | SIGLI – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah, masyarakat Gampong Pulo Tunong mengelar acara Zikir Akbar dan Tauziah di halaman Meunasah gampong setempat, Senin malam (16/12)

Keuchik Gampong Pulo Tunong, Roni Reza, S.Sos mengatakan, acara Zikir Akbar dan Tauziah ini merupakan satu rangkaian acara yang kami lakukan dalam Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H yang telah di gelar beberapa waktu lalu.

“ Ini adalah satu rangkaian kegiatan di mulai dari kenduri, serta kegiatan meulike (syair-syair Islam) yang sudah kami lakukan pada hari sabtu lalu dan pada hari ini, senin malam (16/12), untuk penutup acara Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, kami masyarakat gampong Pulo Tunong mengadakan Zikir Akbar dan Tauziah,” papar Roni Reza, S.Sos.

Roni juga menuturkan, untuk Zikir Akbar kami mendatangkan dari Dayah Babul Mut’allimin Al Aziziyah Pulo Tunong- Pulo Baroh Gampong Aree Kecamatan Delima sedangkan untuk penutup acara yang mengisi Tauziah atau ceramah, pihaknya mendatangkan Tgk. Muhammad Nur atau yang akrab di panggil Waleed Nu dari gampong Tungkop Kecamatan Indra Jaya, tuturnya.

Sementara itu dalam ceramahnya, Waleed Nu mengatakan, orang-orang yang ikut dalam zikir seperti yang dikatakan oleh nabi adalah orang-orang yang akan pergi ke surga, dengan Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, mengajak kepada para jamaah yang hadir untuk sedapat mungkin meneladani, meniru akhlak Rasulullah, baik dari segi keilmuan maupun dari segi sunah-sunah yang harus dilakukan yang tercermin dengan akhlak, moral, dan memiliki budi pekerti yang luhur.

Waleed Nu juga mengajak kepada ummat untuk mengingat kembali sejarah kehidupan Rasulullah SAW yang harus kita teladani, dengan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dapat mengungkap kembali sebagian dari kehidupan Rasulullah SAW dan jihad perjuangannya di dalam menegakkan agama Islam.

“ Marilah kita telusuri  dan kita hayati bersama perilaku hidup Rasulullah, yang selanjutnya, kita jadikan acuan di dalam aktivitas kita sehari-hari dan berjuang di jalan Allah Swt, dengan kelahiran beliau, kita umat manusia seluruh dunia mendapat rahmat yang tidak terhingga, yakni berupa cahaya hidayah yang dapat menembus kegelapan jahiliah,” paparnya.

Pada akhir Tauziahnya Walled Nu mengajak kepada jamaah yang hadir untuk terus bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW karena Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. (Rif)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Islam

To Top