Ikuti kami

GERMAS Tingkatkan Pola Hidup Masyarakat Sehat

Kesehatan

GERMAS Tingkatkan Pola Hidup Masyarakat Sehat

MERDEKABICARA.COM | LHOKSEUMAWE – Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, hidup sehat merupakan suatu keinginan dan menjadikan satu kewajiban yang harus di lakukan setiap saat khususnya masyarakat Kota Lhokseumawe, sehingga kesehatan masyarakat yang berada di lingkungan kita akan dapat dan terus terjaga dengan baik.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Masyarakat pada saat ini menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali, contohnya penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan.

Adanya perubahan gaya hidup masyarakat dewasa ini menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi). Tahun 2015, PTM seperti Stroke, Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kanker dan Diabetes justru menduduki peringkat tertinggi dan fakta ini perlu di tindaklanjuti karena berpotensi menjadi beban yang luar biasa terhadap keuangan negara.

Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe terus berupaya dan terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dr. Said Alam Zulfikar, mengungkapkan, GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

dr. Said Alam Zulfikar menambahkan, untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan di tunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat di mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat, serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya. (MB)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Kesehatan

To Top