Ikuti kami

Jalin Kerjasama dengan Bank, Bantuan KPM Tahap II Segera Disalurkan

Sosmas

Jalin Kerjasama dengan Bank, Bantuan KPM Tahap II Segera Disalurkan

MERDEKABICARA.COM | BENER MERIAH – Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah, Aceh, Ir. Abadi, menyampaikan, Rabu, (26/9/2019) di ruang kerjanya menyampaikan, dalam waktu dekat program Kartu Petani Mulia (KPM) akan disalurkan kepada petani yang berhak menerima.

Program Kartu Petani Mulia (KPM) adalah merupakan program bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Bener Meriah. KPM merupakan salah satu program prioritas Bupati terpilih yakni Ahmadi dan Sarkawi pada Pilkada 2017.

Kadis Pertanian yang baru dilantik pada 23 September 2019 yang lalu itu, menyampaikan masyarakat petani calon penerima KPM untuk tahap ke-2 tahun ini mencapai 1200 penerima.

“Sebanyak 1200 penerima yang sedang kita siapkan berkasnya, sembari kita sedang mempersiapkan regulasi atau hal-hal lainnya,” terang Abadi.

Ia menambahkan penyaluran KPM akan bekerja sama dengan Bank Mandiri. “Untuk saat ini kita akan segera menindaklanjuti perintah Bupati menjalin kerja sama dengan pihak bank untuk membuat kartu calon penerima bantuan KPM tersebut,” ujar Abadi.

Sebelumnya, dalam arahannya Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi, pada saat melantik Delapan Eselon II Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) di Lingkungan Kabupaten Bener Meriah menegaskan, kepala dinas harus peka terhadap hal-hal yang dapat meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan Bener Meriah.

Terkait program pertanian, yang dikemas dalam KPM diharapkan dinas pertanian bersama dinas keuangan dan bappeda untuk merumuskan mekanisme dan menjalin kerjasama dengan pihak bank terkait penerima KPM, pinta Sarkawi.

Untuk tahap pertama, tahun yang lalu Pemkab Bener Meriah melalui dinas terkait telah menyalurkan bantuan program tersebut dalam bentuk Saprodi, yakni alat-alat pertanian. Pada tahap II, Pemkab Bener Meriah akan segera merealisasikan kembali program tersebut.

Namun, untuk tahun ini, direncanakan mekanisme penyaluran dalam bentuk kartu yang dapat dibelanjakan untuk keperluan pertanian seperti pupuk, bibit, mulsa dan lainnya. “Kita berharap, dengan bantuan ini masyarakat petani di Bener Meriah sejahtera. Tentunya menjadi harapan kita bersama mewujudkan Bener Meriah yang sejahtera, terkhusus bidang pertanian,” kata Ir. Abadi.( Man)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Sosmas

To Top