Ikuti kami

59 Warga Simpang Antara Keracunan Makanan

Sosmas

59 Warga Simpang Antara Keracunan Makanan

MERDEKABICARA.COM | BENER MERIAH – Sebanyak 59 orang Warga Simpang Antara Kecamatan Wih Pesam keracunan diduga akibat berasal dari makanan. Mereka langsung dilarikan Ke Puskesmas Pante Raya, Minggu, 1/9/2019.

Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, begitu mendapat laporan, langsung menuju ke Puskemas Pante raya sekira pukul 19.43 Wib, untuk menjenguk satu persatu warga yang diduga keracunan tersebut. Didampingi Plt. Sekda Khairun Aksa, SE.MM, Kadis Kesehatan Iswahyudi, S.KM, M.Kes, Ketua MPU Tgk. Al Muzani dan Camat Wih Pesam Lukman, SE, bertanya kepada para keluarga korban penyebab terjadinya peristiwa tersebut.

Keluarga korban menceritakan kronologis kejadiannya rombongan bupati ” Peristiwa ini terjadi diduga akibat mengkonsumsi makanan Mie so, pada saat selesai acara wiritan disalah satu rumah warga di Kampung Simpang Antara Kecamatan Weh Pesam, tapi untuk memastikan hal tersebut tentu kami harus menunggu hasil uji Laboratorium” kata keluarga para korban.

Sementara itu korban menceritakan gejala yang dialami oleh penderita yang diduga akibat keracunan tersebut antara lain, perut mual, serasa ingin muntah, pening dan gejala lainnya, tutur keluarga korban. Abuya, langsung memerintahkan, baik Kadis Kesehatan dan seluruh pegawai Puskesmas Pante Raya, untuk secepatnya memberikan pertolongan kepada para korban dengan seoptimal mungkin, tentunya dengan harapan kodisi para korban cepat pulih kembali.

“Mari kita do’akan saudara-saudara kita tertimpah musibah ini, agar cepat pulih kembali, mengenai penyebabnya nanti tunggu hasil dari Dinas Kesehatan, karena dari pihak Dinkes sekarang lagi bekerja, jadi kita tunggu, dan saya harap jangan ada berspekulasi macam-macam, sekali lagi kita tunggu hasil pastinya, terkait masalah hukumnya itu kita serahkan kepada pihak Kepolisian”, jelas Bupati.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Iswahyudi menyampaikan, pihaknya telah memberikan pertolongan dengan sabaik-baiknya, insyaallah, sebagian korban sudah mulai berangsur pulih, dan sebagian lagi masih memerlukan pertolongan intensif, begitupun ada yang sudah kita rujuk ke RSUD Munyang Kute – Redelong,

“Sebanyak 23 orang sekarang sudah kita rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Munyang Kute untuk mendapat pertolongan lebih lanjut”, ujar Kadis Kesehatan Iswahyudi. Lebih lanjut Iswahyudi mangatakan, untuk penyebab pasti penyebabnya kita belum bisa pastikan, kita harus menunggu hasil uji Laboratorium, karena sampel makanannya sudah kita krimkan malam ini juga (Minggu, 1/9/2019-red) ke Banda Aceh ” Jadi kita harus tunggu” pintanya kepada keluarga korban untuk sabar atas musibah tersebut. (Man)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Sosmas

To Top