Home / Gaya Hidup / Buah Naga Bisa Turunkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?
Ilustrasi

Buah Naga Bisa Turunkan Kolesterol, Mitos Atau Fakta?

MERDEKABICARA.COM | Buah naga belakangan menjadi salah satu buah yang populer dan digemari di Indonesia. Selain dimakan langsung, buah naga juga sering diolah menjadi jus, puding atau bahkan kue.

Tak hanya lezat, buah satu ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, ada sejumlah mitos yang beredar terkait buah satu ini. Salah satunya adalah disebut ampuh menurunkan kolesterol.

Menurut dr.Lonah Sp.FK, zat di dalam buah naga, yakni vitamin B3 memang bisa menurunkan kolesterol. Namun, dosis yang dianjurkan untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah 500 miligram dalam sehari.
“Sementara dalam 400 gram daging buah naga hanya mengandung 0,5 miligram vitamin B3, jadi masih terlalu kecil,” ujarnya dalam acara Ayo Hidup Sehat yang tayang di tvOne, Rabu, 13 Februari 2019.
Mitos lainnya adalah buah naga disebut mampu mencegah diabetes. Lonah mengatakan bahwa buah ini memang kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin A, C, E dan antioksidan tinggi yang baik untuk metabolisme tubuh. Namun, diabetes adalah penyakit yang kompleks dan mencegahnya tidak cukup hanya dengan mengonsumsi buah naga.
“Jadi memang harus berubah pola dan kebiasaan hidupnya. Harus melakukan pola hidup sehat, kelola stres dengan baik, turunkan berat badan bagi yang berat badannya berlebih,” ucapnya.

Meski begitu, banyak juga fakta seputar buah naga yang harus Anda ketahui, yakni menyehatkan pencernaan karena tinggi akan serat larut air, membantu mencegah kanker dan mencegah sakit jantung.

 

Sumber : Viva.co.id

Komentar

Baca juga

KPPA Kecamatan Blang Mangat Di Lantik, Perjuangan Politik Belum Selesai

MERDEKABICARA.COM – LHOKSEUMAWE – Acara pelantikan Komite Pemenangan Partai Aceh (KPPA) Kecamatan Blang Mangat langsung …