Home / Nasional / Lhokseumawe Gelar Aceh Internasional Rapa’i Festival 2018

Lhokseumawe Gelar Aceh Internasional Rapa’i Festival 2018

LHOKSEUMAWE | MERDEKABICARA.COM – Kota Lhokseumawe akan segera menggelar acara Aceh Internasional Rapai Festival ( ACIRAF ) 2018 atau pesta budaya dengan tema “Piyasan  Raya Rapa’i Aceh”, yang acara tersebut direncanakanakan dimulai pada tanggal 4 s/d 7 November  2018 mendatang.

Pada pengelarannya kali ini sejumlah negara telah siap untuk berpartisipasi mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti dan mensukseskan acara Rapa’i yang akan berlangsung di Stadion Tunas Bangsa di Kota Lhokseumawe.

“ Pada event Internasional kali ini, acara diadakan di luar ibukota Provinsi tepatnya di Kota Lhokseumawe, dan ini merupakan kerja keras kita selama ini dan keberhasilan kita terhadap pengelaran sebanyak 400 rapa’i pada tahun lalu sehingga Kota Lhokseumawe mendapat kepercayaan untuk mengadakan acara Aceh Internasional Rapa’i Festival 2018 (ACIRAF), terang Irfan Hariadi selaku Ketua Penyelenggara Kegiatan saat konfrensi pers di Taufik Caffe II (28/10) dan merupakan salah satu rangkaian acara Nasional.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, Kota Lhokseumawe merupakan salah satu pegiat terbanyak rapa’i , ada sebanyak 2000 lebih dan angka tersebut merupakan yang terbanyak di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh.

“ Untuk para peserta dari luar negeri yang telah mengkonfirmasi yang akan mengirimkan peserta dari negaranya adalah, Malaysia (Sanggar Dendang Anak, Selanggor), Sanggar dari negara Thailand serta Grup Percussi dari India (Tabla), untuk ketiga peserta dari negara tersebut telah siap mengirimkan perwakilannya ke ACIRAF 2018, terang irfan.

Sementara itu dari Nusantara akan hadir yakni Marawis Hajar Aswad Jakarta, Sanggar Kempas Limo Bengkalis Riau, Legaran Sati Sumatera Barat, Sanggar Labang Donya Pidoe Jaya, Uroh Gantong Aceh Utara dan Rapa’i Geurimpeueng Bireuen, yang memastikan ke ikut sertaannya memeriahkan acara Rapa’i di Lhokseumawe.

Acara Aceh Internasional Rapa’i Festival 2018 (ACIRAF) nantinya akan dibuka oleh Plt Gubernur Aceh dan juga akan menampilkan berbagai macam acara seperti, rapai internasional councert, rapai street art, meet and great, Jeuleukat field trip, Aceh Culture Expo, dan pendukung even berupa khanduri pemulia jamee, pawai budaya Kota Lhokseumawe, acara pembukaan ACIRAF 2018, pertunjukan rapai kolosal, rapai award serta acara penutupannya.

Hadir dalam acara Konfrensi pers tersebut adalah Ketua Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kota Lhokseumawe, Nazaruddin ZA, Dr. Ir. Wesly, MT, Kasi Kesenian Disdik Kota Lhokseumawe, Abdul Fatah, staf Disdik Kota Lhokseumawe, Rusdi M. Tahib, S.Pd, dan staf Dispora Kota Lhokseumawe, Era Ekawati.

 

Penulis  : Arief Zakaria

Editor    : Arzak

Komentar

Baca juga

Tambak Udang Pesisir Barat Sumatra Masuk Zona Merah

BANDAR LAMPUNG | MERDEKABICARA.COM – Budi daya udang yang ada di sepanjang pesisir barat Sumatra mulai …