Ikuti kami

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Badai di Aceh

Lingkungan

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat dan Badai di Aceh

MERDEKABICARA.COM | JAKARTA –

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitoring dan menganalisis kondisi cuaca dalam beberapa hari terakhir menunjukkan kejadian cuaca yang signifikan dimana hujan lebat terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Hasil pemantauan perkembangan musim hujan hingga menjelang akhir Desember 2020 menunjukkan bahwa sebanyak 85 persen zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

Sedangkan 15 persen sisanya merupakan daerah yang belum memasuki musim penghujan.

Terkait dengan prakiraan curah hujan tiga hari kedepan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan serta memberikan peringatan dini terkait dengan potensi prakiraan curah hujan untuk wilayah Aceh dan sekitarnya.

BMKG mengingatkan kepada masyarakat Aceh, bahwa potensi hujan lebat dan badai yang dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang, akan melanda Aceh untuk periode 28 – 30 Desember 2020.

Melalui situs resminya, BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya banjir maupun bahaya hidrometeorologi lainnya. Hal tersebut dilatarbelakangi musim hujan tahun ini yang dipengaruhi fenomena La Nina serta jelang puncak musim hujan.

BMKG mengajak masyarakat yang berada di Aceh untuk selalu waspada akan potensi hujan lebat dan badai yang melanda di sebagian wilayah yang meliputi daerah Aceh Tamiang, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Tangse, Pidie Jaya, Langsa, Lhokseumawe, Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya dan sekitarnya. {}

Komentar

Lainnya dalam Lingkungan

To Top