Ikuti kami

Reje Pinangan Bantah Data Gugus Tugas Bener Meriah, Terkait Warganya yang Positif Covid-19

Sosmas

Reje Pinangan Bantah Data Gugus Tugas Bener Meriah, Terkait Warganya yang Positif Covid-19

MERDEKABICARA.COM | Beredarnya rilis tentang alamat orang terkonfirmasi positif covid-19 yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid Kabupaten Bener Meriah yang telah ditayang di beberapa media, Reje/Kepala Kampung Pinangan, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Lasno Rizal membantah adanya satu warga di kampung/desanya yang terkonfirmasi positif covid, sebagaimana disebut dalam rilis tersebut.

Lasno menjelaskan, bahwa IS (35) seorang dokter yang bertugas di RSUD Muyang Kute, Kabupaten Bener Meriah dan sekarang terkonfirmasi covid-19, dulunya memang tinggal di desanya. Tetapi sejak yang bersangkutan berumah tangga beberapa tahun yang lalu, sudah tidak lagi berdomisili di kampung Pinangan.

“Dulu memang IS tinggal di kampung ini bersama orang tuanya, tetapi setelah menikah, telah pindah dan tidak menetap di kampung ini lagi” ungkap Lasno, Minggu (2/8/2020).

Lasno juga mengatakan, dia sudah melakukan klarifikasi agar rilis tersebut diralat, karena dia khawatir akan menimbulkan keresahan dan kepanikan di tengah masyarakat di kampungnya.

“Saya sudah sampaikan klarifikasi, ini penting menurut saya, untuk menghindari keresahan dan kepanikan warga di kampung kami” lanjut Lasno.

Lasno juga menambahkan bahwa masyarakat belum seragam dalam memahami edukasi tentang covid, sedikit kesalahan informasi saja, sudah berpotensi menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat.

“Kita tau bahwa belum semua warga memahami edukasi covid dengan baik, jangan sampai ada kesalahan informasi yang sampai kepada warga, karena bisa menimbulkan kegaduhan” sambungnya.

Meski menyatakan bahwa IS, secara administrasi kependudukan bukan lagi warga di kampungnya, namun Lasno mengakui bahwa orang tua (ibu) dan beberapa famili yang bersangkutan memang tinggal di kampungnya.

“Kalau orang tuanya dan beberapa familinya memang tinggal di kampung ini, dan tidak tertutup kemungkinan yang bersangkutan  sering datang ke kampung ini untuk mengunjungi orang tua maupun familinya, tapi saya tegaskan sekali lagi, yang bersangkutan tidak lagi tercatat sebagai penduduk di kampung kami” kata Lasno.

Reje Pinangan ini berharap agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah termakan berita hoax, karena semua kontak erat dengan pasien positif covid di daerah ini sudah didata dan ditangani oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah.

“Terkait dengan kontak erat dengan terkonfirmasi covid, masyarakat tidak perlu resah, karena semua sudah ditangani oleh gugus tugas kabupaten, yang terpenting kita do’akan semoga semua yang terkonfirmasi covid di daerah kita segera diberikan kesembuhan” pungkasnya. {}

Komentar

Lainnya dalam Sosmas

To Top