Ikuti kami

Tim Hisab Dan Rukyat Kankemenag Aceh Utara Layani Masyarakat

Sosmas

Tim Hisab Dan Rukyat Kankemenag Aceh Utara Layani Masyarakat

MERDEKABICARA.COM | ACEH UTARA – Tim Hisab dan Rukyat Kankemenag Aceh Utara hari ini kembali melakukan Kalibrasi arah kiblat untuk meunasah Gampong Keude Blang Ara Kecamatan Kuta Makmur Aceh Utara, Jum’at (13/12)

Tim yang di ketuai oleh Plh Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Utara membawa timnya dengan peralatan lengkap penentu arah kiblat seperti alat peraga Penentu Arah Kiblat, kompas serta menggunakan teknologi digital Theodolit Top Con DT-200.

Adapun hasil kalibrasi arah kiblat yang telah dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat di dapati bangunan meunasah mengalami koreksi shaft sebesar 5′ dari kiblat sebelumnya. dari penuturan aparatur Gampong kepada tim hisab dan rukyat, pada saat pembangunan dan penentuan arah kiblat hanya di dasarkan pada bayang matahari, sehingga hasil nya berbeda dari arah kiblat yang seharusnya.

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri oleh para penyuluh Agama Kecamatan Muslem, MA serta tokoh agama setempat.

Dalam sambutannya Muslem, MA mengatakan mereka sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan hari ini, beliau berharap dengan adanya kalibrasi arah kiblat dapat menambah kekhusukan ibadah dan ketetapn hati terhadap arah kiblat. Sebagai himbauan juga penyuluh kecamatan menghimbau bagi masyarakat yang ingin di lakukan pengecekan arah kiblat baik untuk meunasah, mushalla atau balai pengajian, dapat mengajukan permohonan yang ditujukan kepada Kankemenag Aceh Utara, dan kegiatan semacam ini tidak dipungut biaya, tutur Tgk Muslem selaku penyuluh Agama Pada KUA Kecamatan Kuta Makmur.

Sementara itu, Plh Penyelenggara Syariah, Halimah Sakdiah mengungkapkan dalam dua hari ini tim ukur arah kiblat sangat luar biasa melaksanakan pelayanan, Kamis kemarin kita mengukur arah kiblat di menasah Menasah Gampong Menasah Krueng Mayang, Kec Kuta Makmur, rencana hari ini ada dua Meunasah yang kita ukur, karena cuaca mendung kita batalkan untuk meunasah yang satu lagi.

“Ini merupakan komitmen Kementerian Agama dalam melayani permintaan masyarakat, salah satunya ukur arah kiblat, ini dan gratis” ucap Halimaah

Halimah melanjutkan pengukuran arah kiblat harus dilakukan dengan kehati – hatian karena sedikit saja selisih akan bergeser ratusan kilometer dari Ka’bah, untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin masjid ataupun langgarnya diukur arah kiblatnya silahkan buat permohonan tujukan ke Kantor Kemenag Aceh Utara. (MB)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Sosmas

To Top