Ikuti kami

Kunjungi Meseum Islam Samudera Pasai, Murid SMPN 1 Tanah Luas Pelajari Sejarah dan Budaya

Sosmas

Kunjungi Meseum Islam Samudera Pasai, Murid SMPN 1 Tanah Luas Pelajari Sejarah dan Budaya

MERDEKABICARA.COM | ACEH UTARA – Untuk meningkatkan pengetahuan umum para murid dalam mempelajari  sejarah dan budaya asli daerahnya, puluhan pelajar dan dewan guru melakukan kunjungan ke Meseum Islam Samudera Pasai yang terletak di desa Beringen Kecamatan Samudera, Geudong Kabupaten Aceh Utara.

Selain melihat-lihat koleksi benda-benda sejarah peninggalan dari kerajaan Samudera Pasai dan kerajaan lainnya, para pelajar juga di berikan sesi tanya jawab, sehingga peran murid, para guru dan dari pihak meseum  dalam memberikan penjelasan sertamenjawab pertanyaan akan menjadi lebih maksimal.

Kepala Museum Samudra Pasai, Ir Nurliana, mewakili Kepala Dinas Aceh Utara, Saifullah, M.Pd mengungkapkan,  setiap kedatangan rombongan sekolah yang ingin belajar tentang sejarah Religius peninggalan Kerajaan Samudra Pasai, dan mengapresiasi kepada setiap kepala sekolah untuk memilih museum Islam Samudra Pasai sebagai tempat sarana belajar sejarah.

“Maksudnya, sudah sangat minim ke inginan masyarakat untuk mempelajari dan memelihara sejarah religius peninggalan kerajaan Samudra Pasai dan kerajaan Islam lain yang ada di Aceh, sehingga kita akan kehilangan jati diri ke-acehan yang kaya dengan budaya Regiliusnya, terang Nurliana.

Dirinya juga menambahkan, di harapkan adanya Museum Islam Samudra Pasai ini, dapat di manfaatkan oleh setiap lembaga pendidikan yang ada di Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Utara. (MB)

Komentar
Continue Reading
Baca juga...

Lainnya dalam Sosmas

To Top