Ikuti kami

KEJAR PRESTASI MAHASIWA, UNIMAL GELAR BIMTEK PKM

Pendidikan

KEJAR PRESTASI MAHASIWA, UNIMAL GELAR BIMTEK PKM

MERDEKABICARA.COM | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh menggelar Training of Trainers (ToT) untuk 117 dosen dan bimbingan teknis untuk 523 mahasiswa sebagai persiapan program kreativitas mahasiswa (PKM) 2020 di Kampus Uteukot, Lhokseumawe, 2 – 3  November 2019.

Para pemateri adalah Yudi Harianto dari Belmawa Kemenristek Dikti, Sukinah dari Universitas Negeri Yogyakarta yang juga sekretaris dewan juri Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS 2019), serta Dr Mariyudi dari Unimal. ToT juga dihadiri seluruh pembantu dekan III bidang kemahasiswaan di lingkungan Universitas Malikussaleh.

Ketua PKM Center Unimal, Dr M Sayuti, mengatakan program ToT bagi dosen dan bimbingan teknik bagi mahasiswa untuk menambahkan ketrampilan dan persamaan persepsi sesuai bidang PKM bagi dosen. “Bagi mahasiswa untuk meningkatkan kualitas proposal dan mendapatkan kisi-kisi atau trik penyusunan proposal bagi mahasiswa sehingga bisa lolos hingga ke PIMNAS 2020,” ujar Sayuti, Ahad (3/11/2019).

Ditambahkan, ada 410 proposal PKM yang sudah masuk ke PKM Center tahun ini dan ini akan direview oleh tim reviewer internal dan selanjutnya akan dilakukan pendampingan oleh pembimbing setiap kelompok. “Proposal yang diajukan ke sistem Belmawa adalah proposal yang berkualitas sesuai dengan kreativitas dan inovasi mahasiswa,” jelas Sayuti yang didampingi Sekretaris PKM Center Unimal, Syarifuddin MT.

Sementara, Yudi Harianto mengatakan program kreativitas mahasiswa terdiri dari PKM 5 bidang. Semua PKM akan dinilai untuk didanai. Proposal yang lolos akan diundang untuk berkompetisi di tingkat Pekan Ilmiah Mahasiwa Nasional. Setiap bidang memiliki keunikan dan ouput yang berbeda-beda, sehingga mahasiswa bisa memembedakan antara satu bidang dengan bidang yang lain. (AJ)

 

Komentar

Lainnya dalam Pendidikan

To Top