Home / Gaya Hidup / MaTA: Pembelian Tanah Oleh Pemko Lhokseumawe Rawan Korupsi
Alfian Husen, ketua LSM MaTa

MaTA: Pembelian Tanah Oleh Pemko Lhokseumawe Rawan Korupsi

LHOKSEUMAWE | MERDEKABICARA.COM– Rencana Pembelian tanah senilai lebih dari 36,5 Milyar rupiah oleh Pemko Lhokseumawe dinilai rawan terjadinya penyimpangan. Hal itu dikatakan oleh Alfian Husen, koordiantor Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM )Masyarakat Transparansi Aceh ( LSM MaTa).

Alfian mempertanyakan kebutuhan atau keperluan pembelian tanah, ” karena selama ini pembebasan tanah dan mendirikan bangunan banyak muzakir atau tidak mampu dimamfaatkan.” Alfian Husen menilai perencanaan pembangunan oleh pemerintah selama ini cendrung tidak berbasis kepada kebutuhan, tapi hanya keinginan yang merugikan pemerintah secara umum. ( baca :http://Pemko Lhokseumawe “Doyan” Tanah )

” Dalam kajian kami,pemerintah kota Lhokseumawe , dalam pembebasan lahan, sering bermasalah. Dalam cacatan kita (MaTA ) , pembebasan lahan di Blang Panyang, pembebasan lahan di Ujung Blang dan di Cunda, terjadi penyimpangan ,” jawab Alfian kepada merdekabicara.com.

” Masih ada oknum oknum dijajaran pemerintah kota Lokseumawe bermental korup. Jadi, sebelum tanah dibebaskan, mareka mencari pemodal sehingga disaat mareka menjual kepada negara dengan harga yang tinggi. Kalo ini terjadi maka jelas pelanggaran hukum” kata aktifis anti korupsi ini.

Alfian menilai diperlukan keterlibatan sejumlah pihak untuk mengawasi dan mengawal proses ganti tanah tersebut.
Dalam buku APBD tahun 2016 , tercantum rencana pembelian tanah oleh pemko Lhokseumawe senilai 36,5 milyar rupiah. Salah satu persil tanah yang akan dibeli adalah untuk keperluan lapangan sirkuit balapan, dengan nilai sekitar satu  milyar rupiah.

Hingga berita ini dirilis, kabag humas Lhokseumawe belum berhasil diminta konfirmasi. Panggilan melalui telpon selular dan pesan singkat yang dikirim belum ada tanggapan.

PENULIS : NASIER
EDITOR : NASIER

Komentar

Baca juga

Wanita Muda Ini Rintis Usaha Yang Didominasi Kaum Pria

BIREUEN | MERDEKABICARA.COM — Namanya Anisah, berumur 31 tahun, dinilai wanita sukses sukses di Kabupaten …