Home / Gaya Hidup / Pemko Lhokseumawe “Doyan” Tanah
ilustrasi orang makan tanah ( foto: rajamantri.com)

Pemko Lhokseumawe “Doyan” Tanah

LHOKSEUMAWE | MERDEKABICARA.COM — Pemerintah kota ( pemko) Lhokseumawe , Aceh menguncurkan dana lebih dari 36 milyar rupiah untuk membeli tanah. Nilai uang untuk pembelian tanah ditulis dalam buku APBD tahun 2016 adalah sebanyak 36.520.000.000,-
Apa yang bisa dibeli dengan uang sebanyak itu ?

Jika jika harga beras Rp.8.700,- per-kilogram, maka uang sejumlah itu dapat diperoleh beras sebanyak 419.770 kilogram atau hampir 420 ton beras. Dengan kebutuhan makanan ( beras) satu jiwa sebanyak 114 kilogram per- tahun ,maka uang itu mampu memberi makanan sebanyak 3.680 orang kaum miskin selama setahun penuh.

Berapa  kita dapat jika uang lebih dari 36 milyar kita beli air tebu ? Dengan harga 5.000 -, untuk satu liter air tebu, maka uang dapat dapat dibeli 7.304.000 liter atau 7.300 ton air tebu. Air tebu sebanyak itu harus diangkut dengan 913 truk tangki isi 8.000 liter. Jika berdiri secara berjejer, 913 truk tangki akan memenuhi jalan lintas sumatra dalam wilayah Pemko Lhokseumawe, mulai dari Puentuet kecamatan Blang Mangat hinga ke Blang Nalueng Mameh kecamatan Muara Satu.

Lantas berapa banyak rumah yang dapat dibangun dengan uang pembelian tanah tersebut ? Jika harga rumah sebesar Rp.68.000.000 per- unit, maka uang senilai 36 milyar dapat membangun sekitar 537 unit rumah untuk kaum dhuafa !.

Dalam buku anggaran APBK tahun 2016 diuraikan pembelian tanah untu sejumlah keperluan, seperti untuk pelebaran jalan, atau pengadaan tanah lanjutan untuk keperluan terminal dan untuk keperluan lapangan sirkuit. ( baca juga:http://MaTA: Pembelian Tanah Oleh Pemko Lhokseumawe Rawan Korupsi

Sampai berita ini dirilis, kabag humas pemko Lhokseumawe yang bernama Muslem belum memberi tanggapanya atas hal tersebut. ” Telpon yang anda tidak menjawab” bunyi mesin otomatis handphone Muslem. SMS yang dikirim oleh wartawan merdekabicara.com juga belum ada tanggapan pihak pemko.

PENULIS : EMNA HUSEN
EDITOR   : NASIER

Komentar

Baca juga

Wanita Muda Ini Rintis Usaha Yang Didominasi Kaum Pria

BIREUEN | MERDEKABICARA.COM — Namanya Anisah, berumur 31 tahun, dinilai wanita sukses sukses di Kabupaten …